Test Drive EEE PC

16 Feb 2008

Malam sabtu kemaren dapat pengalaman menarik. Lagi bertapa di kost… tiba2 ada teman yang datang dan minta diinstalkan windows xp. Pengalaman nginstal kali ini beda dengan ribuan sebelumnya (he he he ribuan gratisan). Kali ini teman tersebut membawa laptop kecil sukuran buku tulis…. wew ternyata durian runtuh, mimpi jadi kenyataan… teman tersebut membawa eee pc. laptop idaman yang hanya 1000 unit di indonesia (itupun dah habis saat launching). Akhirnya impian menjajal eee pc pun jadi kenyataan.

Kecil… mungil… menarik

Dari segi ukuran eee pc sangat mugil, cuma seukuran buku tulis. Beratnya cuma sekitar 1 kiloan dengan tebal 2,5 cm. Laptop ini saat ini sulit dicari dipasaran karena cuma di launching 1000 unit. Kebetulan teman pagi itu baca koran dan langsung beli di salah satu toko di jogja… harganya 3,4 (yeah sebenarnya ini lebih mahal dari harga resmi asus $200 atau sekitar 2 juta rupiah). Namun karena barangnya langka harga segitu masih terhitung murah….

Spesifikasi detail eee pc 2G Surf

Eee PC 2G Surf
Display 7″
Intel CPU & Chipset
Operating System Linux Windows XP compatible
Ethernet Communication WLAN
Memory 512 MB (DDR2)
S.S.D. Storage (Solid-State Disk) 2G
Hi-Definition audio
Stereo speaker
Microphone
Battery 4 Cells, 2.8hrs
Weight 0.92 kg

Sayang nya eee pc tidak di sertai CD Rom / DVD Rom (karena ukurannya yang kecil), jadi mesti make eksternal. Untuk ngistal bisa pake cdrom eksternal atau pake flashdisk. Selain minus CD / DVD Rom kapasitas eeepc cuma 2 gb (dijual dengan bonus mmc 4 giga) jadi mesti pake hardisk eksternal biar enak.

Avatar di puter di linux eeePC

Perbandingan ukukuran eee pc dengan acer 14 inchi dan toshiba 10 inch

Rekomendasi

Hmmm sangat sulit untuk merekomendasikan eee pc. Laptop ini memang ukurannya sangat kecil… malah terlalu kecil. Waktu mencoba mengetik di eee pc saya pun kesulitan dalam memencet keyboardnya (mungkin karena belum terbiasa). Tanpa cd/dvd rom serta hardisk yang minimal eee pc jadi kurang menggigi. Tapi jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan semuanya jadi sangat sepadan.

Bagi mereka yang butuh mobilitas… (ex misal mahasiswa atau pelajar serta businessman) kayaknya eee pc menarik untuk dimiliki. tapi bagi yang biasa bekerja lama di depan laptop lebih baik memilih laptop dengan ukuran dan kemampuan lebih besar (bisa sakit mata…. dan cepat rabun :) ).

Mudah2 an hadirnya eee pc menjadi pertanda semakin terjangkaunya fasilitas teknologi informasi oleh masyarakat. Laptop sudah bukan barang mewah lagi…….

PS : Bagi yang dah punya laptop (terutama yang pentium 4 kebawah) mungkin akan kecewa dan jadi tidak bersyukur setelah melihat eee pc :)


TAGS eee pc it product


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post