ISP Syariah

13 Apr 2008

Ribut-ribut soal pemblokiran situs tidak hanya terjadi di dunia nyata. Du dunia maya hampir semua blog yang berhubungan dengan IT membahas pemblokiran tersebut. Intinya ada yang setuju dengan sensor internet ada juga yang kontra. namun dari semua komentar, ada komentar menarik oleh neil yang saya baca di blognya mas budi rahardjo .

Mas, urun rembuk Saya termasuk yang tidak setuju dengan model blokir situs, selain tidak efektif juga tidak efisien (kasihan trafik benwit jadi lamban) kemarin ada ide .. tapi karena kurang faham secara detil mengenai trafik internet saya anggap ide ini di awang-awang tidak tahu apakah feasible secara teknis. Jadi begini: sementara ini yang timbul adalah ide agar isp/nap memblokir situs2 yang dianggap melanggar (pornografi, menimbulkan keresahan, dan sejenisnya) atau dengan kata lain pendekatan negative list, situs negatif dimasukkan ke dalam daftar blokir, dimana setahu saya sangat tidak efektif karena listnya akan selalu harus dipantau dan bertambah tiap detiknya (nggak kebayang sulitnya seperti apa) nah idenya bagaimana kalau dibalik dibuat model positive list dimana ada isp yang khusus menyediakan/melewatkan trafik ke situs2 yang memang sudah di approved (ada institusinya model MUI misalnya). Memang berat membuat database konten/situs halal karena jumlahnya yang banyak tapi in the long run lebih mudah karena lebih stable. Pangsa pasarnya adalah keluarga, sekolah, pesantren dan pelanggan lain yang menginginkan konten halal. Analoginya seperti di dunia perbankan, ada bank biasa dan ada perbankan syariah jadi kalau begitu mungkin tidak ada isp syariah?
Sekedar pendapat naif salam.

Usulan ini sebenarnya sangat menarik, tentu akan sangat mudah jika ada ISP Islami. Bagi yang ga mau kontent pornografi tinggal langganan ISP tersebut. Atau juga ISP yang ada bisa bikin paket-paket koneksi internet… ada paket anak-anak, ada paket edukasi, ada paket Islami.. sehingga sensor dilakukan oleh ISP sesuai dengan pelanggan paket nya (tentu sja untuk pornografi ga perlu ada paket dewasa…).

Bagaimana pengusaha muslim? ada yang minat ?

Saya nyumbang Slogan aja deh

ISP Syari’ah… Koneksi Membawa Berkah


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post