Alat Scan Lembar Jawaban.. bukan alat mahal

16 Apr 2008

Banyak yang menyangka alat scan lembar jawaban ujian (ljk) itu adalah barang mahal. Ketika saya pulang ke sumatera saya kaget menemukan sekolah2 yang membeli alat scan ljk seharga seperempat mobil baru… Saking mahalnya bahkan ada sekolah yang urunan untuk membeli Scanner LJK dengan patungan bareng sekolah lain satu kecamatan….. bagi sekolah yang ga punya dan ga sanggup beli terpaksa membayar ke sekolah lain atau bahkan mengirim ke kabupaten / kota lain untuk memeriksa lembar jawaban ujian.

Sebenarnya saat ini alat Scanner LJK menggunakan sudah teknologi DMR (digital mark reader)… yeah kalo ga salah artinya alat scan membaca lembar jawaban.. menjadikannya image (jpg, bmp dll). Image hasil scan ini kemudian discan oleh software khusus.. yang menterjemahkan titik2 hitam dilembar jawaban dan mencocokkannya dengan kunci jawaban yang ada di software.

Jika demiian maka sebenarnya kita tidak harus memiliki scanner khusus untuk bisa memeriksa lembar jawaban. Percobaan saya… dengan menggunakan kamera digital pun…. (lembar jawaban dipotret pake kamera)… software ljk scanner masih bisa baca hasilnya…

He he he… melihat peluang tersebut akhirnya ikutan bisnis LJK scanner… harganya ? yaa tentu jauh lebih murah….

Ini Iklannya …

ljk

yang minat ? email atau comment aja disini :))

Do you Know ?

  • Sebenarnya menjawab / membulatkan lembar jawaban ga mesti pake pinsil 2b.. bahkan pake spidol juga bisa :)) he he jangn2 ini konspirasi pengusaha pensil.
  • Menjawab juga ga mesti lingkaran nya bener bulat… (jadi ingat, dulu saking paranoidnya ada yang ujian pake sarung tangan trus membulatkan bener2 sempurna….. sampe2 waktu nya ga cukup).
  • Lembar jawaban juga ga mesti khusus.. photo copy juga bisa :))


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post