Thx to Share-e, pengalaman dengan ATM bersama

18 Apr 2008

Sebagai “buruh” di dunia IT seringkali harus melakukan semuanya secara online. Komunikasi lewat email, pesen barang online.. sampai urusan duit mesti online. Untuk urusan yang terakhir, ketiadaan internet banking membuat saya terseiksa. Bayangin… untuk transfer duit mesti ngantri dulu setengah jam di bank (belum lagi ribet ngisi form dsb). Sebenarnya dari dulu dah ada niatan bikin rekening bank yang ada e bankingnya… cuman kurang sereg aja kalau ga di bank syariah… (he he riba bo’ )

ilustrasi (kalo ada yg belum ngerti share e)

Nah ilmu baru yang saya dapat (sebenarnya fasilitas ini dah lama… cuman saya aja yang gaptek) adalah melakukan transaksi lewat transfer rekening melalui ATM bersama. Denger tentang layanan ini dah lama, cuman kurang tertarik karena ribet nyari lokasi ATM tertentu, selain itu kita juga harus nunggu 2 hari (ada yang 1 hari) kalo ngirim ke rekening bank yang berbeda.

Thx to share e (koq bahasanya jadi kayak iklan yah…. gpp). Kemaren pas pesen barang di Bhinneka.com ga usah capek2 ngantri di bank. Berhubung barang itu mesti sampe dalam dua hari.. maka abis subuh langsung online dan pesen di Bihnneka, jam setangah 6 buru2 cabut ke ATM buat transfer.. ATM nya mandiri dan transfernya ke rek mandiri.. he he thx to share e bisa tarik dan transfer dari semua ATM bersama. Jam 8.30 telpon ke Bhinneka (katanya buka jam 8 tapi jam 8 masih dijawab ama mesin) trus konformasi uangnya dah dikrim. Sebelum jam 10 terima konfirmasi dan …. barang pun di pack dan dikirim dari jakarta.. uhh lega.

Buat yang mau nyoba transfer antar rekening lewat atm berikut langkah2 nya.

  1. mesti punya kartu ATM (ini pasti) dari bank yang tergabung dalam layanan ATM bersama (ada logonya..)
  2. Catat no rekening tujuan…
  3. Ketika transfer masukkan kode bank (liat tabel) danno rekening yang dituju
  4. NAnti akan diminta memasukkan no refrensi (optional). No refrensi ini bisa no pesanan kita untuk memberi tahu si penerima uang.
  5. Sep… pencet dan kirim….
  6. eng ing eng… uang pun terkirim

note :

  • saya nyiba make share e di atm mandiri. katanya sih ga semua bank bisa transfer langsung (nunggu 1 atau 2 hari)
  • kode bank jangan salah
  • transaksi ini ada biayanya (kalo ga salah 5000) tergantung jenis bank anda.

Selamat MEncoba :)

tabel kode bank Atm bersama (thx toNdoeT )

DAFTAR BANK TUJUAN TRANSFER ANGGOTA ATM BERSAMA

No. Nama Bank Kode
1 BNI 009
2 Bank Mandiri *) 008
3 Bank BRI *) 002
4 Bank Danamon 011
5 Bank Niaga 022
6 Bank Permata 013
7 Bank Mega 426
8 Bank Bukopin 441
9 Bank Muamalat Indonesia 147
10 Bank NISP 028
11 Bank Mayapada 097
12 Bank Syariah Mandiri 451
13 Bank Syariah Mega Indonesia 506
14 Bank Arta Niaga Kencana 020
15 Bank Buana Indonesia 023
16 ABN AMRO Bank 052
17 Lippobank 026
18 Bank Ganesha 161
19 Bank Mayora 553
20 Bank International Indonesia 016
21 Bank Bumiputera 485
22 Bank Nusantara Parahyangan 145
23 Bank Mestika 151
24 Bank IFI 093
25 Bank Panin 019
26 Bank Commonwealth 950
27 Bank Agroniaga 494
28 Bank HS 1906 212
29 Bank Eksekutif 558
30 Bank Artos Indonesia 542
31 Bank Swadesi 146
32 Standard Chartered Bank 050
33 BPD Lampung 121
34 BPD DIY 112
35 Bank Sulut 127
36 Bank BPD Jambi 115
37 Bank Riau 119
38 BPD Bali 129
39 Bank BPD Kaltim 124
40 Bank Jatim 114
41 Bank Nagari 118
42 BPD Aceh 116
43 Bank Papua 132
44 BPD Kalsel 122
45 Bank DKI 111
46 Bank Ina Perdana 513
47 Bank Sumut 117
48 Bank Maluku 131
49 Bank BPD Sulsel 126
50 Bank NTT 130
51 Bank BPD NTB 128
52 Bank Jabar 110
53 BPD Kalteng 125
54 Bank BPD Sultra 135
55 Bank Bengkulu 133

*) Belum dapat dilakukan via BNI ATM


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post